UPJA Karawang

MITRA TANI MANDIRI

PROLOG

UPJA adalah salah satu unit usaha yang berada dibawah naungan Kelompok Tani Koperasi Prima Agro, UPJA adalah singkatan dari “Usaha Pelayanan Jasa Alsintan”, Alsintan adalah singkatan dari “Alat mesin pertanian” yaitu peralatan yang dioperasikan tanpa atau dengan motor penggerak untuk kegiatan budidaya, pemeliharaan tanaman, pemanenan dan pengolahan hasil pertanian.

VISI

Sebagai lembaga ekonomi pedesaan yang bergerak di bidang penggunaan Alsintan.

MISI

  • Mengembangkan kelembagaan UPJA ke arah UPJA yang berorientasi bisnis/pasar, mandiri dan professional
  • Menempatkan posisi UPJA sebagai lembaga usaha ekonomi di pedesaan.
  • Mengoptimalkan penggunaan Alsintan pra panen, panen dan pasca panen untuk mendapatkan keuntungan baik di dalam maupun di luar kelompok.
  • Menciptakan kesempatan kerja bagi penggerak dan pemuda di pedesaan.
  • Menjadikan UPJA sebagai salah satu pendorong menuju pertanian modern.

TUJUAN

Mendapatkan keuntungan usaha, dalam rangka optimalisasi penggunaan Alsintan untuk mendapatkan keuntungan usaha baik didalam maupun di luar kelompok.

Mesin Traktor Pembajak Sawah

TRACTOR

Traktor sawah modern berperan sangat penting dalam menunjang operasional pertanian. Traktor sawah modern dapat dioperasikan untuk berbagai lahan pertanian, mulai dari kering (ladang) atau basah (sawah). Umumnya, alat pertanian modern ini digerakkan melalui sebuah motor diesel dalam mengolah tanah.

Mesin Tandur - Rice Transplanter

RICE TRANSPLANTER

Mesin tanam padi otomatis atau rice transplanter menjadi alternatif teknologi yang dapat digunakan untuk mengatasi tertundanya waktu tanam serempak karena hanya mengandalkan tenaga kerja manusia dalam proses penanamannya. Rice transplanter merupakan alat penanam bibit padi dengan jumlah, kedalaman, jarak dan kondisi penanaman yang dapat diseragamkan.

Mesin Panen Padi Kombi

COMBINE HARVESTER

Combine harvester adalah alat pemanen padi yang dapat memotong bulir tanaman yang berdiri, merontokkan dan membersihkan gabah sambil berjalan dilapangan. Dengan demikian waktu pemanen lebih singkat dibandingkan dengan menggunakan tenaga manusia (manual) serta tidak membutuhkan jumlah tenaga kerja manusia yang besar seperti pada pemanenan tradisional.

Mesin Pengering Padi - Vertical Dryer

VERTICAL DRYER

Mesin Vertical Dryer 30 Ton adalah mesin yang bisa digunakan untuk mengeringkan padi dan biji-bijian yang dapat menghemat ruang karena para petani tidak lagi membutuhkan lantai pengering konvensional. Mesin ini mengeringkan padi dan biji-bijian dalam kurun waktu sekitar 8 jam dengan kapasitas 30 ton dalam sekali jalan.

Dengan mesin Vertical Dryer ini dapat menghemat biaya dan tenaga para petani. Petani juga tidak perlu lagi khawatir apabila hari hujan atau mendung.

Penggilingan Padi Karawang

RICE MILLING UNIT

Rice Milling Unit adalah mesin pengupas kulit gabah menjadi beras. Mesin tersebut terdiri dari satu rangkaian unit penggiling yang terdiri dari unit pengupas, penyosoh, dan pemisah sekam.

Secara umum rice milling unit terdiri dari 2 tahap: mesin kupas kulit (husker) dan mesin penyosoh (polisher). Yang pertama melepaskan kulit gabah sehingga sekam terpisah dengan beras. Sementara mesin penyosoh membersihkan beras dari sisa yang masih menempel. Berdasarkan tahapan tersebut rice milling unit dapat menghasilkan minimal 4 produk: beras utuh, menir (beras patah dan halus), dedak dan bekatul, serta limbah sekam.

GOOGLE MAPS

YOUTUBE